Kemenkes Perketat Tes Kesehatan Antisipasi Petugas KPPS ‘Tumbang’ di Pemilu 2024

Selamat datang Azonemusic di Website Kami!

Jakarta – Kemenkes Perketat Tes Kesehatan Antisipasi Petugas KPPS ‘Tumbang’ di Pemilu 2024

Kementerian Kesehatan RI membeberkan beberapa langkah yang harus diperhatikan agar para pejabat Tim Perencana Pemilihan (KPPS) tetap sehat dalam menjalankan tugasnya. Seperti diketahui, pada Pemilu 2019, anggota KPPS meninggal dunia sekitar 894 orang. Angka Kematian Ibu di RI Tinggi, Bumil Wajib Tahu Pemicunya

Selain itu, 5.175 anggota KPPS lainnya juga terjangkit penyakit tersebut. Persoalan ini harus diperhatikan agar kejadian serupa tidak terjadi pada pemilu 2024.

Direktur Kesehatan Remaja Departemen Kesehatan, Dr. Nida Rohmawati, MPH, mengatakan ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada anggota KPPS. Salah satu yang utama adalah penyakit atau penyakit yang pernah diderita anggota KPPS sebelumnya.

Oleh karena itu, seleksi dan penjaringan kesehatan calon anggota KPPS menjadi lebih ketat.

“Mayoritas 55 tahun, kita tidak ingin hal ini terjadi lagi di masa lalu, lansia bekerja keras, lebih dari 20 jam, itu berbahaya,” kata dr. Nida di acara Kemencast Cabang. Kesehatan, Senin (5/2/2024).

“Kami berharap, kalaupun ada penyakit, bisa dikendalikan atau bisa dirawat dan diawasi oleh otoritas kesehatan,” lanjutnya.

Jenis penyakit penyerta yang patut diwaspadai adalah darah tinggi, diabetes, stroke, paru-paru dan penyakit lainnya. Selain itu, Dr Nida juga menekankan pentingnya lingkungan hidup di TPS. Pastikan TPS memiliki ventilasi yang baik dan menyediakan kotak sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam kegiatan yang sama, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan Dr. Obrin Parulian, MKes, mengatakan Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan KPU untuk memilih anggota KPPS dengan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan petugas pemilu dalam keadaan sehat. ketika mereka melakukan pekerjaannya.

“Jika ingin menjadi anggota KPPS, ada pemeriksaan kesehatan dan kesejahteraan, tekanan darah dan gula darah. Bila sudah memenuhi kriteria, maka akan diberikan surat keterangan sehat yang merupakan status menjadi anggota KPPS. -KPPS.,” kata Dr.Obrin. Kemenkes Perketat Tes Kesehatan Antisipasi Petugas KPPS ‘Tumbang’ di Pemilu 2024

Selain itu, banyak puskesmas yang bersiaga 24 jam pada pemilu 2024 dengan harapan petugas KPPS akan tumbang saat bertugas.

“Fasilitas kesehatan sedang diinformasikan, dari jumlah petugas yang diperiksa ada rincian jumlah yang berisiko dan kami akan bersiap. Puskesmas sudah kami informasikan dan ada tim dari pusat krisis yang siap. berikan pelayanannya,” kata Dr. Obrin. Saksikan video “Mengingat Pemilu 2019, Inilah Penyebab Ribuan Pejabat KPPS ‘Jatuh’” (avk/kna)