Ramai Dibahas di Debat Cawapres, Mobil Listrik Tesla Pakai Baterai Nikel atau LFP?

Sugeng rawuh Azonemusic di Situs Kami!

Jakarta, 22 Januari 2024 – Salah satu topik yang dibahas dalam debat cawapres 2024 pada Minggu lalu adalah baterai yang digunakan perusahaan mobil listrik Amerika, Tesla. Ramai Dibahas di Debat Cawapres, Mobil Listrik Tesla Pakai Baterai Nikel atau LFP?

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabumin Raka bertanya kepada Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 Muhaymin Iskandar tentang LFP atau yang dikenal dengan nama Lithium Iron Phosphate. Konsep Mobil Listrik 7 Penumpang Hyundai Dipamerkan di IIMS 2024

Gibran mengatakan Thomas Lembon yang bergabung dengan Anis Boudin dan Chuck Imin di tim pemenangan sering membahas LFP sebagai alternatif baterai kendaraan listrik berbasis nikel.

Tesla masih menggunakan nikel, kata Gibran.

Berdasarkan penelusuran Azonemusic Otomotif di situs resmi Tesla, diketahui perusahaan yang didirikan Elon Musk itu masih menggunakan nikel sebagai bahan baku pembuatan baterai mobil listrik.

Menurut informasi pada Bab 3 master plan Tesla yang dirilis tahun lalu, nikel akan terus digunakan di beberapa model kendaraan Tesla.

Jenis kendaraan yang ditentukan berkisar dari kendaraan niaga, sedan besar, SUV, truk, hingga kendaraan niaga jarak jauh yang memanfaatkan sumber daya lahan yang umum ada di Indonesia.

Pada tahun 2021, Elon Musk menyatakan keprihatinannya tentang ketersediaan nikel dalam jangka panjang, yang menyebabkan Tesla mempertimbangkan LFP sebagai bahan baterai masa depan, menurut kutipan dari Electrek.

LFP bukanlah hal baru. Baterai ini murah dan tidak mengandung kobalt, menjadikannya pilihan menarik untuk model Tesla yang lebih murah.

Namun, kepadatan energi dan daya LFP yang rendah sebelumnya telah membatasi penggunaannya. Kabar baiknya adalah Elon yakin teknologi LFP berkembang cukup cepat sehingga cocok untuk kendaraan Tesla. Ramai Dibahas di Debat Cawapres, Mobil Listrik Tesla Pakai Baterai Nikel atau LFP?

Perubahan ini sudah dimulai. Gigafactory Shanghai telah memproduksi Model 3 Standard Range Plus dengan LFP sejak Oktober 2020, yang menjadi basis model ini di Eropa dan negara lain. Viral Wanita Berbusana Girly Siap Keluar Resepsi Ikut Kampanye GBK Paslon Kawapress Paslon 2 Azonemusic 12 Februari 2024