Sentilan untuk Wirda Mansur yang Sedekah Pakai Hitungan Duniawi: Orang Sedekah Tidak Boleh Mengharap Imbalan

Sugeng rawuh Azonemusic di Portal Ini!

Azonemusic – Komentar Virta Mansoor soal sedekah menjadi viral yang dinilai terlalu perhitungan oleh dunia sekuler. Memang benar konsep bersedekah adalah tidak mengharapkan imbalan. Sentilan untuk Wirda Mansur yang Sedekah Pakai Hitungan Duniawi: Orang Sedekah Tidak Boleh Mengharap Imbalan

Dalam video putri Ustadz Yusuf Mansoor yang bercerita tentang mobil impiannya senilai Rp 1,4 miliar, diketahui ia menerapkan konsep yang menghitung berapa sedekah yang harus ia keluarkan untuk membeli mobil impiannya.

“Saya mau mobil, harga mobil ini Rp 1,4 miliar, jadi saya harus menyumbang sekitar Rp 140 juta untuk amal, tapi saya menyumbangkan Rp 150 juta untuk amal, jadi para tamu datang larut malam, tanpa mengetahui bahwa ada ada pembicaraan soal mobil,” kata Virta yang viral di Twitter. Dalam video tersebut, dikutip Azonemusic, Sabtu (22/10/2022). Rasa Gatal di Mulut Akibat Makan Buah Nanas, Ternyata Ini Penyebabnya

Sementara itu, mengutip NU Online, Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 195 berisi perintah untuk selalu berbuat baik dan menafkahkan harta di jalan Allah atau untuk kebaikan.

Selain mendapatkan pahala, sedekah juga membantu orang-orang yang kesusahan dan membutuhkan.

Karena itu adalah bagian dari Riya dan ingin membersihkan santunan zakatnya, maka dianjurkan agar seseorang berdonasi secara sembunyi-sembunyi, atau jika sudah berdonasi tidak perlu memberitahukan kepada orang lain.

Hal ini juga sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang menyatakan bahwa sedekah yang diberikan dengan tangan kanan tidak boleh diberikan sampai tangan kiri mengetahui apa yang diberikan oleh tangan kanan.

Syarat-syarat bersedekah dibahas pada surat al-Baqarah ayat 3, tafsir kitab Dzu al-Faqar 18 sampai 19 menyebutkan lima syarat sedekat mungkin, sebagai berikut:

1. Orang yang memberi sedekah tidak merentangkan tangannya lebar-lebar, yaitu tidak memberikan seluruh hartanya, sehingga dirinya sendiri yang membutuhkan sedekah.

2. Wajib bersedekah dari hartanya sendiri, karena ia tidak mengambil dan tidak memberi dari orang lain.

3. Donor dapat mengharapkan imbalan yang sama atau lebih. Sentilan untuk Wirda Mansur yang Sedekah Pakai Hitungan Duniawi: Orang Sedekah Tidak Boleh Mengharap Imbalan

4. Sedekah diberikan kepada orang lain yang membutuhkan atau kepada orang yang diberi nafkah.

5. Sedekah hendaknya menyebut nama Allah, karena harta itu milik Allah, maka ia wajib memberikannya atas nama Allah. Harta tersebut dapat berupa barang, ilmu pengetahuan, perkataan, tulisan, perbuatan dan nasehat.